Kamis, 14 Januari 2010

Gunakan Suara Untuk Menjalankan Modzila Firefox

Pernah membayangkan menjalankan Modzila Firefox dengan suara? Sekarang itu bisa jadi kenyataan. Tim dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah membuat perangkat lunak LiSan (Linux dengan Lisan). Dengan LiSan kita dapat mengoperasikan komputer dan menulis dokumen tanpa keyboard dan mouse. “LiSan merupakan fondasi dari riset Perisalah,” ujar Oskar Riandi, Kepala Pusat Sumber Daya Open Source BPPT.
Perisalah dan LiSan memiliki perbedaan mendasar. Menurut Oskar, pengembangan Perisalah ditujukan untuk keperluan mentranskrip, sedangkan LiSan untuk meningkatkan aksesibilitas komputer. Sehingga, pengguna yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan keyboard dan mouse dapat mengoperasikan komputer dan menulis dokumen melalui suara.
Dari beberapa contoh aplikasi yang memungkinkan untuk dioperasikan hanya melalui suara ternyata Modzila Firefox dan Modzila Thunderbird termasuk di dalam nya.
Ada tiga mode yang biasa diterapkan untuk menjalankan aplikasi, yakni diam, perintah, dan tulis. Mode diam digunakan saat pengguna tidak menginginkan suara diproses oleh aplikasi. Mode perintah digunakan saat pengguna memberikan perintah dalam menjalankan berbagai menu di komputer. Sedangkan mode tulis digunakan untuk penulisan dokumen.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar